8.15.2008

Kalau Kedatangan Programmer Baru

Maka hal-hal kecil yang biasa luput dari perhatian adalah:

  • Dia belum tahu budaya koding di kantor. Silakan kasih dia satu contoh project kamu yang well-developed, well-documented dan well-maintained. Itu akan jadi standar dia untuk mulai koding. Dia akan belajar gimana cara logging, menangkap dan menampilkan exception, database yang biasa dipake, naming convensions.
  • Dia tidak tahu bisnis proses. Kalau dia tahu, dia ga akan bikin search transaksi sejak perusahaan didirikan sampai saat ini beranak pinak tanpa parameter mandatory selain tanggal. Pastikan dia dapat sumber-sumber yang dibutuhkan supaya proses belajarnya berjalan cepat. Contoh form pembelian, penjualan, aplikasi lain yang terkait atau mirip, narasumber, koneksi internet supaya bisa nanya gugel.
  • Dia belum tahu di posisi mana dia berdiri. Dia harus bekerja dengan orang-orang asing yang kemungkinan besar mempersulit hidupnya dengan mengambil keuntungan dari ketidaktahuannya. Beritahu secara umum apa yang dapat dia ambil, dari siapa dan bagaimana. Dan apa yang sebaiknya tidak diambil, dari siapa dan dengan cara apa.
  • Dia belum mahir menentukan prioritas. Permintaan internal kadang datang dari staf sampai level manajer. Dari yang sekedar iseng-iseng berhadiah (IIB) sampai yang mempengaruhi performance. Kalo dia keukeuh menyelesaikan yang IIB tadi, katakan dengan jelas prioritasnya. Itu yang perlu dia tahu untuk mulai kembali ke jalan yang benar.
Kalau tidak ada yang memastikan ini terjadi, maka kamu saya sebagai programmer baru harus proaktif memastikan kita dapat semua hal di atas. Have a nice code day!

0 comments:

 
Template by yummylolly.com