3.06.2008

Bersinggungan dengan T-Code Sejuta Umat

Yap, pemasaran dan keuangan pake. T-code ini ujung tombak pelaporan. Dan saya in charge untuk sedikit perubahan di dalamnya. So far so good, permintaan bisa saya mengerti, pengerjaan tidak memakan waktu lama, program lama saya biarkan apa adanya, saya duplikasi ke program baru dan disanalah saya lakukan modifikasi. Bencana datang ketika ternyata si program memanggil fungsi RS_REFRESH_FROM_SELECTOPTIONS dengan parameter curr_report yang hard-coded dikodekan dengan keras *kedip2 ke Lintang*. Oh God... saya langsung lemas ketika bapak-bapak keuangan komplen via mailing list. Kolom laporan yang terkait keuangan kosong semua. Padahal saya ga rubah-rubah bagian itu.

Ternyata perubahan nama program yang jadi biang keladinya. Nama program ditulis dengan indahnya di dalam kode sumber sebagai input parameter fungsi. Saya tanya Om Gugel, dengan mudah nama program yang hard-coded itu bisa dibuat dinamis menggunakan sy-repid atau sy-cprog. Pakai salah satu sesuai kebutuhan. Penjelasan lebih lengkap lihat di sini.

Alhamdulillah cuma makan waktu setengah hari untuk menemukan bug ini. Kalo lebih lama lagi, dijamin tambah pedas saja keluhan 'sejuta umat', hehe.

0 comments:

 
Template by yummylolly.com